Thursday, September 1, 2011

Sisi Lain Hari Kemenangan


Gema takbir memenuhi seisi kota. Langit pun bertaburan cahaya. Semua orang bergembira menyambut hari kemenangan. Inilah suasana yang hampir sama berulang setiap tahunnya. Suasana masjid yang biasanya ramai kini berangsur sepi. Keramaian itu berpindah ke pusat-pusat kota serta pusat perbelanjaan. Inilah trend masyarakat saat ini. Yah tapi mau bagaimana lagi? Mau protes? Mau marah? Mau dakwah? Yang bisa dilakukan hanya mendoakan mereka semua.

Dibalik semua keramaian suasana lebaran ini ternyata masih banyak saudara kita yang sedang bertugas, tidak bisa merayakannya se"bebas" yang lain. Mereka harus memenuhi kewajiban tugasnya. Siapakah mereka? kadang kita tak sadar. Kita hitung saja mulai yang terdekat. Listrik tetap menyala. Air dari PAM pun tetap mengalir. Sinyal di handphone kita tetap ada. Siaran TV dan radio tetap hadir menemani kita. Transportasi tetap berjalan. Siapakah dibalik semua ini? Apa mereka tidak ikut merayakan hari kemenangan ini? Yuppp tentu saja merayakan, tetapi bersama yang sedang bertugas dan di tempat tugas masing-masing. Mereka mengemban tugas yang cukup besar. Mereka berkorban cukup banyak. Andai kata tak ada yang mau bertugas tak bisa dibayangkan apa yang akan terjadi. Dalam hati mereka yang bertugas ini pasti ada keinginan tuk berkumpul bersama keluarga dan ikut merayakannya.

Merayakan hari kemenangan sah-sah saja. Tapi janganlah berlebihan, secukupnya saja. karena masih banyak saudara-saudara kita yang belum seberuntung kita, bersyukurlah. Selamat bertugas bagi yang menjalankan.

1 comment: