Thursday, October 6, 2011

Seni di sudut Genteng Kali

ceria | rzl
Sudah 3 bulan file-file ini tersimpan, file-file foto kunjungan dadakan ke Taman Budaya Jawa Timur Cak Durasim. Kunjungan ini pun tak disengaja hanya rencana dadakan saat ada lomba foto tentang Indonesia. Sore itu bersama teman langsung menuju kawasan genteng kali. Suasana di sana cukup sepi, hanya ada beberapa orang tua yang menunggu anaknya berlatih menari di joglo bagian depan. Tak disangka ternyata di gedung belakang terdapat sekelompok generasi muda yang sedang belajar bermain gamelan.

berlatih | rzl

Bermain gamelan ini dibutuhkan kerjasama untuk menyelaraskan alunan musik yang dihasilkannya. Saya cukup heran ternyata masih ada yang berminat memainkan alat musik yang tergolong jadul ini. Selain bermain gamelan ternyata juga ada yang mahir memainkan wayang atau bisa dikatakan menjadi dalang. Dengan sigap tangan mereka mengayunkan wayang-wayang dan diiringi suara gamelan. Mereka bermain lepas tanpa beban dan sangat menikmati rasanya. 

Di saat teman-teman yang lain mungkin bermain game dengan console yang semakin canggih mereka tetap bertahan untuk melestarikan peninggalan ini. Yah patut diacungi jempol karena sudah langka orang - orang yang masih mau melakukan hal seperti ini. Untuk mempertahankan memang perlu usaha yang keras. rzl | a little story

No comments:

Post a Comment